Saat ini, kami ingin segalanya menjadi yang terbaik, termasuk foto beresolusi tinggi di perangkat digital Anda, di mana setiap piksel berarti. Anda mungkin ingin memberikan kesan yang baik saat menampilkan koleksi gambar Anda, Anda mungkin ingin menyegarkan foto lama Anda, dll. Ada banyak alasan mengapa Anda perlu ubah foto Anda jadi resolusi tinggi. Namun, tidak semua orang tahu cara menggunakan perangkat lunak pengedit foto profesional seperti Photoshop, dan menguasai keterampilan mengedit yang berpengalaman.

Untungnya, internet menawarkan banyak alat yang dapat ubah foto jadi HD gratis. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan alat online paling efektif dan mudah digunakan untuk meningkatkan kualitas foto Anda dari bagus menjadi bagus.

Memahami foto HD

HD adalah kependekan dari resolusi tinggi, dan resolusi mengacu pada jumlah piksel atau titik yang menyusun gambar. Ini menentukan seberapa halus suatu gambar dan diukur dengan PPI (piksel per inci) atau DPI (titik per inci). Semakin tinggi resolusi dan pikselnya, semakin halus dan jelas gambarnya. Namun, resolusi bukanlah atribut absolusi. Ini juga melibatkan resolusi perangkat yang Anda gunakan. Misalnya, Anda mungkin melihat foto beresolusi tinggi di ponsel Anda, namun untuk dicetak, itu mungkin tidak cukup.

Standar resolusi tinggi:
Sebuah gambar dianggap HD jika ukurannya lebih dari 300 PPI dan ukuran gambar HD terkecil sering kali 1280 x 720 piksel. HD cocok untuk layar yang lebih kecil. Namun hal ini tidak mutlak dan tergantung bagaimana Anda menggunakan gambar tersebut.

Dibandingkan dengan 4K:
4K juga mengacu pada Ultra High Definition, yang memiliki resolusi lebih tinggi yaitu 3840 × 2160 piksel, empat kali lipat jumlah piksel yang ditemukan di HD. Resolusi 4K khususnya bermanfaat untuk layar yang lebih besar atau saat melihat konten dari dekat dibandingkan HD, karena meminimalkan pikselasi dan meningkatkan pengalaman menonton secara keseluruhan.

Ubah foto jadi HD online gratis

Jadi, setelah kita lebih memahami apa itu resolusi tinggi, mari mulai ubah foto jadi HD menggunakan beberapa alat pengeditan foto online gratis. Masing-masing dari mereka memiliki baik dan buruknya. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih salah satu yang menurut Anda nyaman.

AiPassportPhotos

Yang pertama akan kami perkenalkan adalah AiPassportPhotos. Ini adalah platform pengeditan foto komprehensif yang menggunakan teknologi dan algoritma AI canggih untuk meningkatkan keseimbangan warna, ketajaman, dan detail. Tidak perlu pengeditan manual apa pun. Hanya perlu mengklik beberapa kali, dan foto yang Anda unggah akan langsung terlihat lebih jelas dan berdefinisi tinggi.

Selain kapasitasnya yang besar untuk ubah foto buram jadi hd online, alat ini menawarkan beragam perangkat setelah pengeditan seperti keburaman latar belakang, warna latar belakang, dan opsi untuk memilih gambar latar belakang. Kualitas keluarannya juga sangat luar biasa, bisa kita lihat. Ini sangat menghemat waktu dan nyaman. Alat penyempurnaan foto benar-benar merupakan alat yang efektif untuk pemula.

Ini memiliki antarmuka yang sangat intuitif, siapa pun dapat menggunakannya tanpa kesulitan. Ini sederhana dan mudah. Cukup ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai konversi Anda dengan AiPassportPhotos:

Harga:

Platform ini sekarang mendukung akun gratis dan akun pro yang mengharuskan Anda membeli kredit dengan harga minimum Rp15999 untuk 10 credit.

Fotor

Rekomendasi kedua kami adalah Fotor, yang merupakan editor tangguh untuk ponsel dan situs web. Ini menawarkan fitur serbaguna kepada pengguna, termasuk mengubah foto menjadi hd dan meningkatkan resolusi tanpa kehilangan kualitas. Ia juga mengadopsi teknologi AI untuk memproses foto yang Anda unggah, membuat foto buram menjadi jelas seketika. Dalam hitungan detik, foto yang lebih halus dan jelas akan ditampilkan.

Yang penting adalah ada panduan sederhana. Terlebih lagi, Anda juga dapat memilih berbagai alat untuk menyempurnakan hasil di layar. Namun, waktu pemrosesannya akan bertambah, dan Anda mungkin menunggu lebih lama, dan ada iklan promosi yang mengganggu yang harus Anda tutup.

Situs web ini intuitif. Navigasi ke langkah selanjutnya cukup menarik. Saat Anda membuka websitenya, Anda sudah tahu cara menggunakannya.

  • Kunjungi situs web: https://www.fotor.com/photo-editor-app/editor/ai/ai-enlarger.
  • Unggah foto Anda untuk diedit.
  • Biarkan AI memproses fotonya.
  • Unduh foto (pengunduhan menghabiskan kredit)

Harga:

Fotor sekarang mendukung uji coba dan langganan gratis. Pembayaran bulanan dan tahunan tersedia.

PicWish

Rekomendasi ketiga dalam daftar kami adalah PicWish. Ini adalah alat pengeditan foto online berbasis AI yang juga berfungsi pada ponsel Android dan iOS, menawarkan banyak fitur untuk meningkatkan kualitas foto. Algoritmenya menganalisis foto dan melakukan perbaikan di semua aspek, termasuk ketajaman, koreksi warna, dll. Selain itu, ia menawarkan opsi pro setelah mengedit hasil seperti penghapusan latar belakang, retouching foto dengan berbagai filter, memulihkan kuas, menyesuaikan ukuran, dll.

Namun, untuk beberapa foto rumit dengan warna, efek, dan tepi kabur yang tercampur, hasilnya sedikit terdistorsi. Anda dapat mengunduh gambar secara gratis tetapi jika Anda ingin mengunduh gambar dalam mode gambar HD seperti resolusi lebih tinggi, Anda perlu membeli kredit.

Penggunaan PicWish juga sangat sederhana. Ikuti saja panduannya di bawah ini.

  • Kunjungi situs web: https://picwish.com/photo-enhancer.
  • Unggah foto Anda untuk diedit.
  • Biarkan platform memproses foto tersebut.
  • Unduh gambar.

Harga:

PicWish sekarang memiliki paket harga yang berbeda untuk pengguna yang berbeda seperti edisi Pro dan edisi Pengembang. Cukup periksa situs web mereka untuk mendapatkan pembaruan harga terbaru.

iLoveIMG

iLoveIMG juga merupakan platform pengeditan foto yang sangat direkomendasikan dan berspesialisasi dalam peningkatan foto. Fitur ini merupakan bagian dari alat pengeditan online komprehensif yang memungkinkan pengguna meningkatkan resolusi dan kualitas foto. Pengganda ukuran memungkinkan Anda memilih resolusi dari 2X hingga 4X. Meskipun tidak mendukung pengeditan hasil secara bersamaan, Anda dapat memilih untuk menyempurnakan foto menggunakan alat editnya setelah menyimpan hasilnya.

Terlebih lagi, platform ini juga menawarkan pemrosesan batch, mendukung pengunggahan foto dari Google Drive dan Dropbox, dan memungkinkan Anda memposting hasilnya langsung dari platform ke media sosial seperti Facebook, Twitter, dll.

Untuk mulai menggunakan iLoveIMG untuk meningkatkan foto Anda ke foto beresolusi lebih tinggi, berikut panduan sederhananya.

  • Kunjungi situs web: https://www.iloveimg.com/upscale-image.
  • Unggah foto Anda dari komputer, Google Drive, atau Dropbox.
  • Biarkan platform berproses.
  • Unduh foto.

Harga:

ILoveIMG sekarang menawarkan tiga paket harga berbeda kepada pengguna. Opsi gratis, Premium, dan bisnis. Jika Anda ingin merasakan seluruh fitur, Anda perlu berlangganan.

Upscale.media

Terakhir, kami hadir untuk memperkenalkan Upscale.media. Ini adalah platform bertenaga AI yang menawarkan alat serbaguna untuk mengedit foto, termasuk gambar kelas atas, dan platform ini mendukung perangkat iOS dan Android.

Mendukung peningkatan otomatis resolusi gambar hingga 4X dari kualitas lebih rendah dengan tetap menjaga detail gambar alami tanpa kehilangan kualitas. Selain itu, mendukung penghapusan artefak JPEG yang membuat gambar terlihat kabur.

Cara penggunaannya seperti alat-alat di atas. Ini sederhana dan mudah untuk setiap individu. Berikut ini panduan kasarnya.

  1. Kunjungi situs web: https://www.upscale.media/.
  2. Unggah gambar Anda untuk mengedit foto jadi HD online. Harap dicatat bahwa gambar yang Anda unggah tidak boleh melebihi resolusi 1.500 x 1.500 px)
  3. Tunggu beberapa detik hingga AI memproses gambar.
  4. Unduh gambar.

Harga:

Upscale.media menawarkan akun gratis untuk digunakan untuk fitur dan fungsi dasar, tetapi jika Anda ingin merasakan fitur lengkapnya, Anda perlu berlangganan paket premium.

Cara ubah foto buram jadi HD di Photoshop

Photoshop adalah editor foto tangguh dan profesional yang menawarkan seperangkat alat canggih yang memungkinkan Anda mengubah foto menjadi HD secara gratis, seperti filter, masker, dan penyesuaian ketajaman atau keburaman gambar. Jadi, ada banyak cara untuk mengedit gambar ke resolusi lebih tinggi menggunakan Photoshop. Di sini kami akan membagikan salah satu cara membuat gambar buram menjadi lebih jelas ke HD dengan mempertajamnya.

  • Buka foto yang ingin Anda tingkatkan di Photoshop.
  • Anda akan melihat tab opsi bernama gambar di bilah atas. Klik di atasnya.

  • Ubah ukuran gambar dari opsi ukuran gambar.
  • Perbesar ukuran foto.

  • Buatlah duplikat layer dengan mengklik layer tersebut lalu duplikat layer atau gunakan shortcut tahan dan tekan Ctrl + J.

  • Pilih lapisan duplikat yang dibuat. Klik pada filter buram. Pilih Surface Blur untuk membuka jendela penyesuaian blur.

  • Ubah nilai ambang batas dan radius saat terbuka untuk menyesuaikan keburaman gambar.

  • Setelah selesai mengatur nilai blur, ubah ketajaman foto. Buka filter opsi. Pilih Pertajam > Pertajam Cerdas.

  • Bilah geser akan muncul di layar untuk menyesuaikan sensitivitas sesuai kebutuhan Anda.

  • Sekarang, kurangi ukuran gambar. Untuk melakukannya, Anda harus menambahkan layer mask. Setelah menambahkan layer mask, alat kuas mengurangi efek buram. Hal terakhir yang harus dilakukan adalah menyimpan file baru untuk menyimpan gambarnya.

Kesimpulan

Jadi, setelah belajar dari artikel tersebut, mengubah foto buram menjadi gambar HD memerlukan penggunaan alat pengeditan foto tingkat lanjut, namun tidak selalu memerlukan teknik yang terampil. Semua penyempurna foto bertenaga AI di atas akan meningkatkan kualitas foto yang Anda inginkan secara signifikan, seperti alat penajaman, kemampuan pengurangan noise, penyesuaian kontras, kecerahan, saturasi, dll. Namun, beberapa di antaranya mungkin tidak sepenuhnya memenuhi kebutuhan Anda. Jika mau, Anda tetap dapat menggunakan Photoshop profesional untuk membuat foto Anda lebih baik jika diperlukan.

By Dolores

Saya seorang pembuat konten dan pemasar yang antusias dengan lebih dari 5 tahun pengalaman menulis profesional. Saya memegang gelar sarjana di bidang komunikasi dan memiliki rasa ingin tahu yang alami terhadap teknologi, sebagaimana dibuktikan oleh blog teknologi saya. Sebagai seorang yang gemar bepergian, saya memanfaatkan petualangan di lebih dari 10 negara untuk memasukkan perspektif budaya unik ke dalam artikel dan kampanye media sosial saya. Saya berkembang dalam mengembangkan konten menarik yang memberi informasi dan menginspirasi pemirsa.