Bahkan foto yang paling indah sekalipun akan rusak karena goresan kecil. Mempelajari cara menghilangkan coretan karena penurunan kualitas adalah poin penting dalam menciptakan foto menakjubkan bagi fotografer atau penggemar mana pun. Tidak peduli apakah itu berupa strip pada lensa, coretan yang disebabkan oleh tetesan air, atau noda apa pun yang tidak diinginkan, editor foto dapat mengatasinya. Oleh karena itu, jika Anda pernah merasa frustrasi dengan coretan di foto Anda yang menyita waktu, teruslah membaca di bawah ini untuk mengetahui cara menghilangkannya dengan mudah menggunakan beberapa metode efektif.

Cara menghilangkan coretan di foto menggunakan Photoshop?

Ketika coretan merusak kesempurnaan foto, Photoshop menawarkan solusi komprehensif. Ini adalah editor foto profesional dengan berbagai alat dan teknik pengeditan yang memungkinkan pengguna menghapus coretan dan ketidaksempurnaan, serta mengembalikan foto ke kualitas aslinya. Anda dapat menggunakan Lasso Tool Photoshop, Clone Stamp Tool, Camera Raw Filter dan banyak fungsi lainnya untuk menghilangkan tanda yang mengganggu ini. Di sini mari kita cara menggunakan Clone Stamp Tool untuk menghilangkan coretan tersebut.

Langkah 1. Buka Photoshop dan muat foto Anda untuk diedit.
Langkah 2. Temukan alat Clone Stamp di panel kiri.

Langkah 3. Identitas adalah bagian bebas yang sempurna untuk ditiru. Pree tombol Alt (tombol Option di Mac), dan pilih bagian bebas yang baru saja Anda pilih. Buka penekanan tombol Alt, dan Anda akan melihat lingkaran pada bagian yang Anda pilih.
Langkah 4. Sekarang, Anda dapat mulai mengecat bagian yang ternoda dengan piksel bebas [bagian untuk menutupi ketidaksempurnaan. Anda dapat memilih bagian sempurna lainnya untuk menutupi ketidaksempurnaan sesuai kebutuhan Anda.

Cara menghilangkan coretan di foto tanpa Photoshop?

Di bagian sebelumnya, kita mempelajari cara menghilangkan goresan menggunakan Photoshop. Photoshop adalah alat pengeditan foto canggih yang disukai oleh banyak pengguna. Namun, diperlukan proses pembelajaran untuk mengelola alat ini, dan ini merupakan tantangan. Seseorang membutuhkan waktu, keterampilan, dan pengetahuan untuk mencapai harapan tersebut. Sekarang, mari kita beralih ke beberapa alat non-Photoshop. Bagi pengguna rata-rata, ini mungkin lebih nyaman dan sederhana. Siapa pun dapat menghilangkan goresan tanpa masalah saat menggunakannya.

Inpaint

Inpaint adalah editor foto yang mendukung platform online dan perangkat lunak desktop. Hal ini bertujuan untuk membantu pengguna secara otomatis menghapus semua hal yang tidak diinginkan dalam foto, seperti objek, elemen, atau ketidaksempurnaan yang tidak berguna. Cukup unggah foto Anda ke platform, dan hanya dengan beberapa klik, foto Anda yang telah diedit akan selesai. Namun, kualitas foto keluarannya mungkin tampak tidak sempurna jika Anda seorang pencari kesempurnaan. Antarmukanya sederhana tetapi tidak terlalu modern untuk digunakan. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1. Kunjungi situs web dan unggah foto Anda.
Langkah 2. Gunakan alat Mask di panel kiri untuk mengecat bagian yang ingin Anda hapus.
Langkah 3. Klik tombol Hapus berwarna hijau untuk menghapus objek.

Langkah 4. Tunggu proses setelah selesai. Anda dapat mendownload gambarnya (akun gratis untuk mendownload gambar beresolusi rendah dan membeli langganan untuk resolusi tinggi).

Cleanup Pictures

Cleanup Pictures adalah platform khusus yang menawarkan penghapus otomatis objek, cacat, orang, atau teks dari gambar. Ini memiliki antarmuka yang bersih, jelas, dan intuitif. Tidak ada iklan, tombol berantakan. Hanya ada alat kuas untuk menyeleksi bagian tersebut. Nyaman digunakan jika Anda hanya memiliki satu tujuan, yaitu menghilangkan hal-hal yang tidak diinginkan dari foto Anda. Kualitas keluarannya juga dianggap belum sempurna. Berikut ini panduan sederhana untuk menggunakannya.

Langkah 1. Buka platform dan unggah foto Anda.
Langkah 2. Gunakan Kuas untuk mengecat bagian yang ingin Anda hapus dari foto.

Langkah 3. Platform akan secara otomatis menghapus coretan tersebut dalam hitungan detik.
Langkah 4. Jika kurang puas, Anda bisa mengulangi langkah tersebut. Unduh gambarnya dengan bebas tanpa perlu mendaftar.

Fotor

Fotor adalah alat pengeditan foto dan platform desain grafis komprehensif yang menawarkan berbagai fitur dan fungsi untuk mengedit, menyempurnakan, dan membuat gambar. Ini memiliki antarmuka yang intuitif tetapi dengan iklan promosi. Ini memberikan banyak pilihan seperti memotong, mengubah ukuran, mewarnai, dan menghapus objek. Ini mengadopsi teknologi AI untuk memproses foto yang Anda unggah untuk menghilangkan coretan di foto. Ini berguna untuk meningkatkan kualitas foto, dan jika Anda membutuhkannya, ada lebih banyak alat retouching. Ini sangat cocok untuk mereka yang berkebutuhan lanjutan. Namun, itu juga memerlukan pembelian beberapa fitur premium. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1. Buka situs web dan unggah foto Anda.
Langkah 2. Gunakan alat Kuas untuk mengecat bagian yang ingin Anda hapus.
Langkah 3. Klik tombol Hapus berwarna biru untuk memulai.

Langkah 4. Anda dapat menggunakan alat di panel kiri untuk memperbaiki lebih banyak hal. Setelah itu, Anda dapat mendownload fotonya.

PhotoRoom

Aplikasi seluler PhotoRoom didedikasikan untuk mengedit foto dan desain grafis. Ini memiliki fitur serbaguna, termasuk penghapus latar belakang, penghapus objek, filter, hamparan teks, dan banyak lagi. Penghilang objek memungkinkan pengguna untuk menghapus elemen apa pun yang tidak diinginkan dari foto mereka, seperti orang, teks, dll. Penghilang objek ini meningkatkan kesan foto agar lebih baik, sehingga menghasilkan komposisi yang lebih bersih dan halus. Antarmukanya sederhana tanpa terlalu banyak tombol. Mari kita lihat cara menggunakannya untuk menghilangkan coretan pada foto. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1. Buka situs web dan unggah foto Anda.
Langkah 2. Gunakan alat Kuas untuk mengecat foto pada bagian yang ingin Anda hapus.
Langkah 3. Saat Anda mengecat, platform akan segera memproses foto tersebut.

Langkah 4. Jika Anda puas, Anda dapat mendownload gambarnya, atau Anda dapat mencobanya berkali-kali.

Vidmore

Vidmore adalah perusahaan perangkat lunak multimedia yang menawarkan berbagai alat untuk mengedit video. Meskipun fokus utamanya pada fungsi pengeditan terkait video, ia juga menyediakan beberapa fitur untuk pengeditan gambar, salah satunya adalah menghilangkan tanda air dan objek yang tidak Anda inginkan lagi pada gambar.

Dengan algoritme canggih, pengguna dapat memilih objek yang ingin mereka hapus dan membiarkannya secara cerdas menganalisis piksel di sekitarnya untuk mengisi kekosongan tersebut dengan mulus. Meskipun Vidmore mungkin tidak sekuat perangkat lunak pengedit gambar khusus seperti Photoshop, Vidmore memberikan solusi mudah untuk tugas retouching gambar dasar. Hasilnya juga tidak bisa dianggap sempurna. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1. Buka halaman dan unggah foto Anda.
Langkah 2. Gunakan alat Lasso untuk mengecat bagian yang ingin Anda hapus.
Langkah 3. Klik tombol Hapus berwarna biru.

Langkah 4. Sekarang Anda dapat mendownload gambarnya.

Tips Bonus: Cara menghapus objek lain dari foto

Selain alat di atas untuk menghilangkan coretan, jika Anda ingin menghilangkan objek, seperti noda foto, latar belakang, dan elemen wajah (seperti kerutan, dll.), AiPassportPhotos siap membantu. Ini adalah platform khusus untuk mengedit foto menggunakan teknologi AI canggih. Algoritme canggihnya dapat menganalisis foto secara otomatis dan menghapus hal-hal yang tidak diinginkan hanya dalam hitungan detik. Antarmukanya intuitif dan sederhana. Sempurna untuk digunakan siapa saja, dan memenuhi penggunaan sehari-hari semua pengguna. Mari menuju ke langkah-langkah menggunakannya.

Penghapus latar belakang AiPassportPhotos:
Langkah 1. Kunjungi situs web dan unggah foto Anda.
Langkah 2 Setelah Anda mengunggah foto, diperlukan waktu beberapa detik untuk memprosesnya untuk Anda.


Langkah 3. Setelah itu, Anda dapat menghapus latar belakang foto Anda. Jika Anda masih kurang puas, Anda dapat menggunakan alat di panel kiri untuk mengedit gambar lebih lanjut. Setelah selesai, Anda dapat mengunduh fotonya.

Retouch foto AiPassportPhotos:
Langkah 1. Kunjungi situs web dan unggah foto Anda ke alat retouching foto.
Langkah 2: Secara otomatis akan mendeteksi noda dan menghilangkannya untuk Anda.


Langkah 3. Anda dapat menyempurnakannya dan mendownload fotonya.

Kesimpulan

Itu saja informasi yang kami berikan untuk Anda di sini. Photoshop profesional dan kuat untuk semua tugas pengeditan foto yang rumit. Jika Anda seorang pemula dan belum memiliki teknik terampil, disarankan untuk menggunakan platform online. 5 alat online ini lebih mudah. Tak satu pun dari upaya tersebut memerlukan langkah yang lebih canggih. Selain itu, AiPassportPhotos meningkatkan pengalaman pengguna dengan penghapusan kerutan, noda, dan ketidaksempurnaan wajah secara otomatis. Cukup gunakan semua alat di atas, Anda dapat dengan mudah membuat foto menakjubkan Anda sendiri.

By Dolores

Saya seorang pembuat konten dan pemasar yang antusias dengan lebih dari 5 tahun pengalaman menulis profesional. Saya memegang gelar sarjana di bidang komunikasi dan memiliki rasa ingin tahu yang alami terhadap teknologi, sebagaimana dibuktikan oleh blog teknologi saya. Sebagai seorang yang gemar bepergian, saya memanfaatkan petualangan di lebih dari 10 negara untuk memasukkan perspektif budaya unik ke dalam artikel dan kampanye media sosial saya. Saya berkembang dalam mengembangkan konten menarik yang memberi informasi dan menginspirasi pemirsa.