Paspor adalah dokumen perjalanan yang dikeluarkan pemerintah negara bagian yang berfungsi sebagai bukti kewarganegaraan dan identitas. Ini membawa informasi pribadi dan riwayat perjalanan pemegangnya. Untuk memverifikasi pemilik paspor, terdapat nomor unik pada setiap paspor, tidak terkecuali paspor Indonesia. Pada bagian kali ini kita akan membahas tentang apa itu nomor paspor Indonesia, di mana letak nomor paspor tersebut, cara mengeceknya, dan hal-hal terkait lainnya.

Berapa Nomor Paspor Indonesia

Ada 3 jenis paspor di Indonesia, yaitu paspor biasa, paspor dinas, dan paspor diplomatik. Nomor paspor Indonesia merupakan kode unik yang diberikan pada setiap buku paspor, mewakili otoritas penerbit dan pemohon itu sendiri. Nomor identifikasi ini penting saat mengajukan visa, mengisi formulir imigrasi, dan terkadang, membuat rekening bank di Indonesia.

Informasi Paspor Indonesia

Dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dan perwakilan Indonesia di luar negeri, paspor Indonesia mempunyai informasi yang sama dengan paspor negara lain, antara lain:

  • nama
  • foto paspor
  • tanggal lahir
  • tempat lahir
  • kewarganegaraan
  • jenis kelamin
  • tanggal penerbitan
  • tanggal kadaluwarsa
  • nomor paspor
  • stempel visa (jika ada)

Sumber: Wikipedia

Untuk mencegah pemalsuan dan pencurian identitas, pihak berwenang menerapkan berbagai cara dalam pembuatan paspor, seperti pencetakan mikro, pencetakan UV, gambar holografik lambang negara Indonesia, chip elektronik, dan tanda air.

Cara Menemukan Nomor Paspor

Mengenai lokasi nomor paspor, Anda bisa mengetahuinya melalui cara berikut ini.

Periksa Paspor

Ini adalah cara termudah. Merupakan kombinasi huruf dan angka yang terletak di sebelah kanan halaman bio paspor. Anda juga dapat menemukannya di Machine-Readable Zone (MRZ), yang merupakan 9 karakter pertama dari baris kedua MRZ.

Periksa Dokumen Perjalanan

Jika Anda pernah bepergian ke luar negeri, Anda mungkin akan diberikan beberapa dokumen perjalanan, seperti tiket penerbangan, atau dokumen visa. Jika Anda masih menyimpannya, periksa dokumen untuk menemukan nomor paspor Anda.

Pengecekan Melalui Kantor Imigrasi

Misalkan Anda kehilangan paspor atau dokumen perjalanan apa pun, Anda masih dapat menghubungi Kantor Imigrasi Indonesia untuk mengetahui nomor paspor Anda. Harap dicatat bahwa mereka akan memverifikasi identitas Anda dengan menanyakan beberapa pertanyaan.

Cara Cek Nomor Paspor

Setelah mendapatkan nomor paspor, Anda dapat menggunakannya untuk mengecek keabsahan paspor atau informasi terkait lainnya. Yuk simak cara cek nomor di WhatsApp atau online.

Periksa Nomor Paspor berdasarkan Nama

Itu dilakukan melalui sistem Mido WhatsApp.

  • Buka kotak obrolan WhatsApp dengan nomor WhatsApp kantor imigrasi yang valid.
  • Masukkan dalam format Paspor (spasi) 16 digit nomor kode lamaran.
  • Tunggu balasan dari pihak imigrasi.
  • Kirim pesan untuk menanyakan nomor paspor yang Anda miliki dengan mencantumkan nama lengkap Anda.

Periksa Nomor Paspor Online

Pemerintah Indonesia meluncurkan pemeriksa paspor online untuk memverifikasi nomor paspor yang lebih mudah. Hanya perlu beberapa langkah.

  • Kunjungi situs web Departemen Imigrasi.
  • Pilih “Verifikasi Paspor” di bagian “Layanan Imigrasi Online”.
  • Masukkan informasi yang diperlukan.
  • Klik tombol “Kirim”.

Berapa Digit Nomor Paspor?

Nomor paspor Indonesia dihasilkan oleh sistem penghasil nomor paspor unik dengan mempertimbangkan nama pemohon, tanggal/tempat lahir, dan jenis kelamin. Contoh nomor paspor terdiri dari 9 digit seperti RI1234567. Itu dapat dibagi menjadi tiga bagian.

  • Kode Negara Indonesia (RI)

Mengacu pada 3 digit pertama yang terdiri dari huruf dan angka. Ini adalah kode standar ISO 3166-1 alpha-2 untuk kewarganegaraan Indonesia. Harap dicatat bahwa ini harus dimulai dengan huruf kapital.

  • Nomor Urut

Itu terjadi setelah RI yang diwakili oleh 4 nomor yang ditentukan oleh Kantor Imigrasi.

  • Angka Kontrol

Dua angka terakhir menjamin keabsahan dan keunikan seluruh nomor paspor.

Apakah Nomor Paspor Berubah Jika Diperpanjang

Ya. Nomor paspor bersifat unik namun tidak permanen. Ini bervariasi dari satu paspor ke paspor lainnya. Oleh karena itu, jika Anda mendapatkan paspor baru setelah perpanjangan atau penggantian, akan ada nomor yang berbeda dan yang lama menjadi tidak berlaku.

Pertanyaan Umum

Q: Apa perbedaan antara e-paspor dan paspor biasa di Indonesia?
A: E-paspor adalah paspor digital. Dibandingkan dengan paspor biasa, paspor ini lebih aman dilengkapi dengan data biometrik (yaitu sidik jari dan pengenalan wajah), tanda tangan elektronik, Teknologi Identifikasi Frekuensi Radio (RFID).

Q: Berapa halaman yang dimiliki paspor?
A: Paspor biasa biasanya memiliki 24 halaman. Pelancong yang sering bepergian dapat mengajukan permohonan yang besar dengan 48 halaman.

Q: Bagaimana cara mendapatkan nomor paspor Indonesia?
A: Anda harus mengajukan permohonan paspor Indonesia di Kantor Imigrasi setempat. Setelah paspor Anda diterbitkan, Anda akan mendapatkan nomor unik.

Q: Nomor paspornya dipakai untuk apa?
A: Digunakan untuk mengidentifikasi pembuat dan pemegang paspor yang dapat digunakan untuk masuk dan keluar suatu negara.

Q: Bolehkah saya memberitahukan nomor paspor saya kepada orang lain?
J: Tidak, kecuali Anda diminta oleh departemen resmi. Anda harus menyimpan nomor tersebut dengan aman jika terjadi pencurian identitas.

Q: Apakah nomor buku paspor dan nomor paspor sama?
A: Tidak. Nomor Buku Paspor (PBN) menunjukkan buklet itu sendiri, sedangkan nomor paspor mengidentifikasi pemegang buklet. PBN Indonesia dapat ditemukan di situs resmi Kementerian Luar Negeri. Nomor paspor Indonesia dapat dilihat di halaman bio paspor.

Q: Nomor antrian paspornya berapa? Apakah sama dengan nomor paspor?
A: Anda akan mendapatkan nomor antrian paspor online melalui aplikasi atau website untuk pengajuan paspor, sehingga Anda tidak perlu menunggu antrian panjang di kantor imigrasi. Berbeda dengan nomor paspor.

Ringkasan

Nomor paspor Indonesia adalah kode identifikasi 9 digit yang terdiri dari huruf dan angka. Ini adalah kode unik untuk mengidentifikasi pemegang paspor. Anda dapat memeriksa nomor paspor berdasarkan nama di WhatsApp atau melalui pemeriksa paspor online. Jika Anda sedang mencari dimana letak nomor paspor, cukup periksa paspor, visa atau konsultasikan dengan Kantor Imigrasi Indonesia. Harap dicatat bahwa Anda akan mendapatkan nomor baru setiap kali memperbarui atau mengganti paspor baru. Amankan dan gunakan yang terbaru saat Anda diminta.

Pos terkait:

Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Paspor Indonesia

By Dolores

Saya seorang pembuat konten dan pemasar yang antusias dengan lebih dari 5 tahun pengalaman menulis profesional. Saya memegang gelar sarjana di bidang komunikasi dan memiliki rasa ingin tahu yang alami terhadap teknologi, sebagaimana dibuktikan oleh blog teknologi saya. Sebagai seorang yang gemar bepergian, saya memanfaatkan petualangan di lebih dari 10 negara untuk memasukkan perspektif budaya unik ke dalam artikel dan kampanye media sosial saya. Saya berkembang dalam mengembangkan konten menarik yang memberi informasi dan menginspirasi pemirsa.