Paspor adalah mitra penting dalam hidup kita karena akan menemani kita selama bertahun-tahun yang akan datang dan mungkin tidak hanya digunakan dalam perjalanan. Namun seringkali bukan pekerjaan mudah bagi sebagian orang untuk memutuskan pakaian apa yang akan dikenakan untuk foto paspor Indonesia. Bisakah saya memakai kacamata saya? Apa warna terbaik untuk dipakai? Apakah ada hal yang harus saya hindari?

Jika Anda tidak yakin tentang aturan berpakaian untuk foto paspor Indonesia dan juga memiliki keraguan, bacalah artikel ini dan Anda akan mengetahui apa yang harus dilakukan!

Persyaratan Umum untuk Foto Paspor

Meskipun mengambil foto untuk paspor Anda tidak rumit, masih ada beberapa persyaratan umum yang harus Anda penuhi agar permohonan Anda dapat disetujui. Persyaratan tersebut dirangkum sebagai berikut:

Tidak memakai kacamata atau kacamata hitam

Kacamata atau kacamata hitam akan menutupi mata Anda dan menyebabkan terlalu banyak pantulan cahaya sehingga biasanya dilarang. Anda boleh memakai lensa kontak transparan jika diperlukan, namun Anda tidak boleh membiarkan apa pun menutupi wajah Anda agar pihak berwenang dapat melihatnya dengan jelas. Jika Anda harus memakai kacamata karena alasan medis, Anda harus menyerahkan catatan yang ditandatangani oleh dokter Anda untuk memastikan kondisi Anda.

Tidak memakai penutup kepala

Barang yang menutupi bagian atas kepala tidak boleh dipakai karena akan menyembunyikan bagian tertentu dari wajah Anda. Ingatlah bahwa wajah Anda harus tetap terlihat jelas di foto. Jika Anda harus melakukannya karena alasan medis atau untuk tujuan keagamaan, Anda perlu memberikan dokumentasi untuk memverifikasi hal ini, baik surat keterangan dokter yang ditandatangani atau pernyataan pribadi Anda, dan Anda harus memastikan penutup tersebut tidak menutupi wajah Anda atau menutupinya.

Sumber Video: Foto Paspor Bagi Hijabers from KanimJaksel

Tidak mengenakan seragam atau pakaian kamuflase

Segala macam seragam dilarang karena sangat mungkin menimbulkan emosi dan menghambat identifikasi identitas Anda sehingga menyebabkan foto paspor ditolak. Oleh karena itu, pakaian biasa yang Anda kenakan dalam kehidupan sehari-hari lebih diutamakan.

Tidak memakai pakaian berwarna putih atau terang

Warna-warna tersebut dapat dengan mudah menyatu dengan latar belakang putih atau putih pucat, sehingga menghasilkan foto paspor dengan kualitas yang lebih rendah.

Tidak memakai aksesoris berlebihan

Barang-barang seperti aksesoris rambut berukuran besar, anting-anting besar, dan headphone tidak diperbolehkan karena terlalu mengganggu dan dapat mengaburkan fitur wajah Anda atau menimbulkan silau. Namun umumnya Anda boleh memakai perhiasan berukuran kecil selama wajah Anda terlihat. Selain itu, alat bantu dengar diperbolehkan jika benar-benar diperlukan, dan harap ingat untuk memberikan surat pernyataan dokter yang ditandatangani untuk memverifikasi kondisi Anda.

Jangan terlalu banyak merias wajah

Minimalkan riasan wajah agar tetap terlihat jelas di depan kamera. Jangan mencoba menggunakan banyak riasan dan menyembunyikan fitur wajah apa pun, misalnya tahi lalat dan bekas luka. Jika tidak, hal ini dapat menyebabkan penolakan permohonan paspor Anda.

Tips Dress Code untuk Foto Paspor

Berikut beberapa tips yang patut Anda perhatikan saat mempertimbangkan pakaian apa yang akan dikenakan untuk mendapatkan foto paspor yang bagus sebelum diambil:

Pilih pakaian kasual

Lebih tepat memakai pakaian sehari-hari daripada berdandan. Ingatlah bahwa tujuan akhir dari foto paspor adalah untuk menampilkan penampilan Anda yang sehari-hari dan alami, jadi mengenakan pakaian yang sederhana dan kasual adalah pilihan terbaik.

Kenakan warna yang lebih gelap

Seperti yang sudah disebutkan di atas, background foto paspor biasanya berwarna putih atau off-white. Untuk mendapatkan foto paspor yang bagus, sebaiknya pilih warna pakaian yang lebih gelap. Warna-warna netral seperti hitam, abu-abu tua, coklat, dan biru tua sering kali disukai. Perhatikan bahwa warna-warna yang terlalu keras atau cerah harus dihindari.

Pilih pola polos

Biasanya disarankan untuk memilih pakaian sederhana dan berwarna solid untuk foto paspor. Jika tidak menginginkan pakaian dengan warna murni, beberapa jenis kemeja bermotif diperbolehkan. Untuk menghindari gangguan, pola polos lebih dapat diterima daripada elemen tebal atau terang. Kemeja kotak-kotak atau bergaris adalah pilihan yang bagus.

Hindari atasan tanpa tali atau tank top

Secara umum, foto paspor hanya mengambil bagian di atas dada Anda. Jika Anda mengenakan atasan strapless atau tank top, Anda mungkin terlihat terlalu terbuka di foto paspor, sehingga tidak pantas. Atasan dengan kerah atau benda lain yang dapat menutupi bahu Anda lebih direkomendasikan.

Miliki gaya rambut yang sederhana

Meski tidak ada gaya rambut yang dilarang untuk foto paspor, sebenarnya tidak bisa menyembunyikan alis, dahi, mata, atau telinga. Oleh karena itu, jika Anda memiliki poni, Anda dapat menyematkannya ke belakang untuk memperlihatkan wajah Anda; jika Anda memiliki rambut panjang, Anda bisa menyelipkannya ke belakang telinga atau mengikatnya agar wajah Anda terlihat jelas.

Pilih perhiasan sederhana

Meskipun aksesori berlebihan tidak dapat diterima, perhiasan sederhana seperti anting-anting kecil yang halus diperbolehkan untuk difoto di paspor. Namun yang terbaik adalah meminimalkannya. Less is more adalah kebijakan terbaik dalam kesempatan ini.

Oleskan riasan alami

Riasan ringan dan sederhana diperbolehkan untuk foto paspor, asalkan fitur wajah Anda tidak tertutupi. Sedikit sentuhan untuk membuat wajah Anda bersih dan segar sudah cukup. Kosmetik seperti bulu mata palsu, eyeshadow kuat berkilau, dan lipstik berwarna gelap tidak pantas ditampilkan di sini.

Cara Membuat Foto Sesuai Paspor Secara Online

Jika Anda masih ragu dengan persyaratan foto paspor Indonesia Anda atau mencari solusi yang lebih cepat dan nyaman, kunjungi situs web AiPassportPhotos. Hanya dengan masuk ke situs web dan mengikuti petunjuk yang dipandu, Anda bisa langsung mendapatkan foto paspor yang sesuai secara online, dengan jaminan kepatuhan.

Ucapkan selamat tinggal pada kekhawatiran aksesori Anda menyebabkan penolakan atau kekhawatiran tentang pencahayaan dan hal-hal sepele lainnya. Dengan bantuan alat ini, mengambil foto paspor Indonesia yang memenuhi semua persyaratan tidak pernah semudah ini. Apakah Anda tertarik? Kunjungi situs resminya untuk menemukan informasi lebih lanjut dan menjelajahi fitur-fiturnya.

Sekarang setelah Anda memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan yang disebutkan di atas, Anda akan merasa lebih percaya diri dan jelas tentang apa yang diperlukan untuk foto paspor Anda. Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi Anda dan dapat memberikan pengalaman menyenangkan dalam mendapatkan foto paspor Anda.

By Dolores

Saya seorang pembuat konten dan pemasar yang antusias dengan lebih dari 5 tahun pengalaman menulis profesional. Saya memegang gelar sarjana di bidang komunikasi dan memiliki rasa ingin tahu yang alami terhadap teknologi, sebagaimana dibuktikan oleh blog teknologi saya. Sebagai seorang yang gemar bepergian, saya memanfaatkan petualangan di lebih dari 10 negara untuk memasukkan perspektif budaya unik ke dalam artikel dan kampanye media sosial saya. Saya berkembang dalam mengembangkan konten menarik yang memberi informasi dan menginspirasi pemirsa.